Langsung ke konten utama

Doublet di dalam Alkitab dan teori JEPD

Apakah doublet itu?
Yang dimaksudkan dengan doublet di sini adalah suatu kisah di dalam Alkitab yang diceritakan dua kali (atau lebih) di dalam tempat yang berbeda.

Contoh dari doublet adalah kisah mengenai Abraham yang berbohong kepada penguasa setempat ketika mengatakan bahwa Sarah adalah adiknya (Kejadian 12:10-20 vs Kejadian 20), kisah Yakub yang dua kali memberikan nama Bethel untuk kota Lus (Kejadian 28:19 vs Kejadian 35:6-7), kisah mata air yang keluar dari gunung batu di Masa (Keluaran 17:1-7 vs Bilangan 20:2-13), dan kisah burung puyuh (Keluaran 16: 8, 12-13 vs Bilangan 11:4-33).

Umat kristiani (dan Yahudi) tradisional pada umumnya beranggapan bahwa doublet tersebut memang terjadi dua kali. Misalnya Abraham memang dua kali berbohong, kepada dua penguasa yang berbeda yaitu kepada Firaun di Mesir dan kepada Abimelekh di Gerar. Dan kisah mata air yang keluar dari gunung batu pun juga terjadi dua kali. Namun, menurut saya yang paling sulit dikompromikan adalah kisah burung puyuh yang disebut di dalam Keluaran 16 dan Bilangan 11. Rasanya mustahil untuk menerima bahwa kisah burung puyuh tsb terjadi dua kali.

Para sarjana Alkitab (scholars) umumnya beranggapan bahwa doublet tersebut sebenarnya adalah satu kisah yang sama namun diceritakan dua kali oleh penulis yang berbeda. Dari mana para scholars tersebut dapat menyimpulkan hal ini? Antara lain dari gaya penulisan, dan terutama di dalam menyebutkan [nama] Tuhan di mana salah satu penulis selalu konsisten menyebutkan Tuhan dengan nama YHWH, sedangkan penulis lainnya sering menyebut Tuhan dengan sebutan Elohim.

Berdasarkan karakteristik ini, para scholars mengidentifikasi bahwa ternyata terdapat setidaknya empat orang penulis yang berbeda untuk lima kitab pertama yang ada di dalam Alkitab, atau yang biasa disebut dengan Pentateuch. Berbeda dengan orang Kristen dan Yahudi orthodox yang umumnya berpendapat bahwa Pentateuch atau Taurat itu ditulis oleh Nabi Musa sendiri, para scholars mengidentifikasi bahwa penulis dari Pentateuch tersebut ada empat orang yang masing-masing disebut sebagai J, E, P, dan D.
J disebut sebagai J karena ia selalu menyebut Tuhan dengan nama Yahweh atau Jahweh di dalam bahasa Jerman. E disebut E karena ia sering menyebut Tuhan dengan sebutan Elohim di dalam narasinya. Sedangkan P disebut P karena ia diidentifikasi berasal dari kalangan imam (Priestly), sedangkan D disebut D karena ialah yang bertanggung jawab dalam menyusun Kitab Ulangan (Deuteronomy).

Bagaimana kontribusi JEPD terhadap Alkitab?
P dianggap bertanggung jawab sepenuhnya kepada Kitab Imamat (Leviticus), sedangkan D bertanggung jawab terhadap kitab Ulangan (Deuteronomy).

Sedangkan Kitab Kejadian, Keluaran, dan Bilangan adalah gabungan dari tulisan J, E, dan P yang disusun menjadi satu oleh seseorang yang kemudian disebut dengan R atau Redactor. R ini diidentifikasi sebagai Ezra (atau Uzair?).

Oleh karena Kitab Kejadian, Keluaran, dan Bilangan ditulis oleh tiga atau empat orang yang berbeda, maka itu bisa menjelaskan mengapa di dalam Alkitab terdapat banyak kontradiksi dan juga doublet.

Namun saya rasa hal ini tidak harus menghalangi orang beriman untuk percaya kepada Alkitab, atau setidaknya percaya kepada sebagian dari Alkitab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gospel for the Gentiles

Dalam posting sebelumnya saya menyimpulkan bahwa Kitab Injil atau the Gospel sedianya ditujukan hanya untuk bangsa Yahudi saja. Bahkan, Injil yang asli kemungkinan ditulis dalam bahasa Ibrani, atau kalau menurut istilah Jerome disebut sebagai matthaei authenticum . Namun, karena sebagian besar bangsa Yahudi pada era Nabi Yesus menolak Yesus, maka kemudian kitab injil dialihkan kepada bangsa lain (bangsa gentiles ), dan kemudian Injil ditulis dalam bahasa gentiles , yakni bahasa Koine Greek. Lalu, karena Kitab Injil sudah diwariskan kepada bangsa gentiles, apakah berarti seluruh isi dari Kitab Injil itu harus juga dilaksanakan oleh pengikut Injil non-Yahudi alias pengikut Injil yang berasal dari bangsa gentiles ? Menurut saya tidak. Sebagian isi dari Kitab Injil tidak applicable bagi bangsa gentiles , contohnya seperti "You are the light of the World", tidak tepat kalau kata-kata ini ditujukan kepada bangsa gentiles. Atau contoh lainnya, "Jika kamu hanya memberi salam

Mengantisipasi Perubahan Zaman

Saya percaya bahwa suatu saat nanti Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan muncul ke bumi. Bahkan, saya pribadi percaya,  imho , bahwa Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan datang pada abad ini, yakni abad ke-21 Masehi (sebelum tahun 2099 M) dan abad ke-15 Hijriah (sebelum tahun 1499 H). (Btw, tulisan ini saya buat pada tanggal 29 Juni 2023 atau 10/11 Zulhijjah 1444 H). Dalilnya antara lain dari buku  Umur Umat Islam  yang pernah beredar sekitar 20 tahun yang lalu, yang kurang lebih memperkirakan bahwa umur umat Islam itu hanya satu setengah hari saja atau sekitar 1500 tahun. Wa Allahu a'lam. Namun, di sisi lain saya juga percaya bahwa sebelum Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, maka zaman akan berubah. Artinya, zaman ketika sang Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, yang menurut perkiraan saya tidak akan lebih dari 50 tahun lagi dari sekarang, keadaannya akan sangat berbeda dengan zaman saat ini (2023). Saya menduga bahwa ketika Imam Mahdi dan/atau sang Mesias datang maka pada

Pascal's Wager atau Pertaruhan Pascal

Pada abad ke-17 Masehi, Blaise Pascal merumuskan teorinya yang kelak di kemudian hari dikenal dengan nama Pascal's Wager atau Taruhan Pascal. Intinya kurang lebih semua orang harus bertaruh, apakah Tuhan itu ada atau Tuhan itu tidak ada (atheist). Menurut Pascal, akan jauh lebih aman bagi manusia jika kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada. Karena kalau kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada dan ternyata Tuhan itu benar-benar ada, maka kita akan selamat. Sebaliknya bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada namun ternyata Tuhan itu ada, maka celakalah si petaruh ini. Demikian juga jika skenarionya dibalik. Misalkan kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada namun ternyata Tuhan itu tidak ada, maka kita tidak rugi-rugi amat. Paling-paling kerugian kita hanyalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk hidup bermewah-mewah di dunia ini atau hedonisme. Begitu juga bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada dan ternyata Tuhan itu memang tidak ada, maka tidak ada keuntungan berarti bagi para