Langsung ke konten utama

Top 10 Koin Perak Terfavorit

Setelah beberapa minggu saya memiliki koin perak dari berbagai negara, saya menyusun Top 10 list koin perak terfavorit menurut saya. Urutan di sini bersifat subyektif dan ada kemungkinan bahwa urutan ini bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.

10. Austrian Philharmonic
Philharmonic memberikan detail yang kaya pada kedua sisi koinnya. Pada sisi Obverse, kita bisa melihat gambar Gedung yang kalau kita amati lebih lanjut dengan menggunakan sebuah loupe, kita bisa melihat berbagai patung dan ukiran pada gedung tersebut.
Pada sisi Reverse kita bisa melihat aneka alat musik instrumentalia dan detailnya yang mengagumkan. Ada yang mengatakan bahwa detail yang kaya dari Austrian Philharmonic ini membuatnya sulit untuk ditiru. Namun, berhubung dari seluruh koin perak Philharmonic yang saya miliki tidak ada satupun yang kinclong, membuat saya hanya menempatkan koin ini di posisi ke sepuluh.


9. American Silver Eagle
Tak diragukan lagi bahwa desain dari American Silver Eagle ini sangat menarik. Bahkan sebagian orang menilai bahwa desain dari "Walking Liberty" merupakan salah satu desain koin paling menarik di dunia. Walaupun desain dari ASE ini merupakan salah satu desain yang paling bagus, namun saya hanya menempatkannya di urutan ke sembilan. Selain karena koin American Silver Eagle ini sangat umum (pasaran), juga terutama karena saya pernah melihat video di youtube yang menampilkan koin ASE palsu namun secara penampilan sangat mirip dengan yang asli. Artinya, walaupun desain ASE ini sangat menarik, namun ia tidak terlalu kaya dalam hal detail sehingga tidak terlalu sulit untuk dipalsukan.


8. Canadian Maple Leaf
Tidak diragukan lagi bahwa Silver Maple Leaf merupakan salah satu desain koin perak yang paling rumit dan keren. Adanya radial lines pada koin Maple Leaf ini membuatnya sulit untuk diduplikat. Begitu juga halnya dengan ukiran angka berukuran kecil yang menunjukkan tahun pembuatan koin bersangkutan. Belum lagi detail dari Maple Leaf itu sendiri yang sangat kaya. Namun, saya hanya menempatkan Maple Leaf di posisi kedelapan tidak lain dan tidak bukan karena Silver Maple Leaf sangat rentan terhadap "penyakit" yang namanya milk spot. Beberapa koin Maple Leaf saya sudah menjadi korban dari milk spot ini membuat perasaan kagum saya terhadap Silver Maple Leaf sedikit banyak menurun.



7. Armenian Noah's Ark
Terus terang yang membuat saya merasa takjub dengan koin perak Noah's Ark ini sehingga saya meletakkannya di atas beberapa koin terkenal seperti American Silver Eagle, Maple Leaf, dan Philharmonic bukanlah karena koin standarnya yang berukuran 1 oz melainkan karena koin pecahannya yang berukuran 1/2 oz dan 1/4 oz. Mengapa? Selain karena pecahan 1/2 oz dan 1/4 oz kelak di kemudian hari kemungkinan akan lebih dibutuhkan daripada koin 1 oz, terutama karena detail yang mengagumkan pada koin ukuran pecahan ini. Pada koin 1/4 oz misalnya, kita hanya bisa melihat apa yang tertulis dalam koin ini jika kita menggunakan loupe. Setelah saya melihat koin 1/4 oz ini dengan menggunakan sebuah loupe barulah terbit rasa kagum saya terhadap produsen dari koin Noah's Ark ini karena tulisan yang begitu kecil dan juga detail yang kecil namun dapat dibuat secara baik oleh produsennya.



6. 2017 Britannia 20th Anniversary
Di tahun 2017 ini Silver Britannia menambahkan fitur baru berupa radial lines yang membuatnya lebih sulit untuk diduplikat. Bukan itu saja, khusus untuk seri anniversary, koin Britannia ini memiliki fitur lain berupa angka "20" berukuran super kecil yang terdapat dalam gambar trident yang kecil. Fitur ini semakin membuat koin Britannia Anniversary ini semakin sulit untuk diduplikat.
Alasan kenapa saya tidak menempatkan koin ini di peringkat yang lebih tinggi adalah karena fitur security ini hanya ada di seri khusus anniversary di tahun 2017 ini.


5. Australian Kangaroo
Jika dilihat dari desainnya, sebenarnya koin perak Australian Kangaroo ini termasuk yang biasa-biasa saja. Yang membuat koin ini menjadi istimewa adalah karena ada security feature berupa huruf "A" berukuran mikro yang terletak pada salah satu kaki huruf A yang terdapat pada kata AUSTALIAN KANGAROO. Huruf "A" berukuran mikro ini hanya bisa dilihat jika kita menggunakan sebuah loupe. Untuk versi koin tahun 2016 huruf "A" berukuran mikro terletak pada huruf A pertama dari kata "AUSTRALIAN KANGAROO". Sedangkan untuk versi tahun 2017, huruf "A" berukuran mikro terletak pada kaki huruf A ketiga.


4. Chinese Panda
Terus terang saya mengurutkan nomer 1 hingga nomer 4 sebagai berikut ini bukan karena desain koin-koin berikut ini lebih menarik atau lebih rumit daripada desain koin urutan kelima hingga kesepuluh, melainkan semata-mata karena desain koin urutan 1 hingga urutan keempat selalu berubah setiap tahun.
Di urutan keempat saya meletakkan Chinese Panda, yang walaupun koin ini indah dan cukup banyak detailnya, namun terdapat huruf berbahasa China yang saya tidak bisa membacanya. Lagipula, sebagian besar koin palsu yang beredar di pasaran konon katanya diduga berasal dari negara China membuat saya khawatir jangan-jangan koin Chinese Panda milik saya ini palsu juga, hehehe.


3. Australian Koala
Sebagaimana halnya dengan Chinese Panda, desain dari Silver Koala ini juga selalu berubah setiap tahun, membuatnya sebagai nilai tambah bagi para kolektor. Hal ini membuat harga pasaran dari koin Silver Koala cukup tinggi, melebihi harga rata-rata koin perak lain pada umumnya.


2. Australian Kookaburra
Sama seperti Koala, desain dari Kookaburra juga selalu berganti setiap tahun. Satu hal yang membuat saya meletakkan urutan Kookaburra di atas Koala adalah karena Silver Kookaburra memiliki sejarah yang lebih panjang daripada Silver Koala. Koin perak Kookaburra pertama kali diterbitkan pada tahun 1990 sedangkan Koala baru muncul pertama kali pada tahun 2007.


1. Somali Elephant
Sama halnya dengan ketiga koin sebelumnya, desain dari koin Elephant dari Somalia ini selalu berubah setiap tahunnya. Satu-satunya alasan yang membuat saya menempatkan koin perak Elephant ini di atas ketiga koin lainnya adalah karena koin perak ini sangat kinclong, yang membuat saya terpana dan jatuh hati sejak saya pertama kali melihat koin perak yang satu ini.


Honorable Mention:
Mexican Libertad
Mexican Libertad disebut-sebut sebagai salah satu koin perak terindah di dunia, namun saya tidak memasukkannya dalam Top 10. Alasannya adalah karena gambar dari koin Mexican Libertad ini yang agak vulgar, hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gospel for the Gentiles

Dalam posting sebelumnya saya menyimpulkan bahwa Kitab Injil atau the Gospel sedianya ditujukan hanya untuk bangsa Yahudi saja. Bahkan, Injil yang asli kemungkinan ditulis dalam bahasa Ibrani, atau kalau menurut istilah Jerome disebut sebagai matthaei authenticum . Namun, karena sebagian besar bangsa Yahudi pada era Nabi Yesus menolak Yesus, maka kemudian kitab injil dialihkan kepada bangsa lain (bangsa gentiles ), dan kemudian Injil ditulis dalam bahasa gentiles , yakni bahasa Koine Greek. Lalu, karena Kitab Injil sudah diwariskan kepada bangsa gentiles, apakah berarti seluruh isi dari Kitab Injil itu harus juga dilaksanakan oleh pengikut Injil non-Yahudi alias pengikut Injil yang berasal dari bangsa gentiles ? Menurut saya tidak. Sebagian isi dari Kitab Injil tidak applicable bagi bangsa gentiles , contohnya seperti "You are the light of the World", tidak tepat kalau kata-kata ini ditujukan kepada bangsa gentiles. Atau contoh lainnya, "Jika kamu hanya memberi salam

Mengantisipasi Perubahan Zaman

Saya percaya bahwa suatu saat nanti Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan muncul ke bumi. Bahkan, saya pribadi percaya,  imho , bahwa Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan datang pada abad ini, yakni abad ke-21 Masehi (sebelum tahun 2099 M) dan abad ke-15 Hijriah (sebelum tahun 1499 H). (Btw, tulisan ini saya buat pada tanggal 29 Juni 2023 atau 10/11 Zulhijjah 1444 H). Dalilnya antara lain dari buku  Umur Umat Islam  yang pernah beredar sekitar 20 tahun yang lalu, yang kurang lebih memperkirakan bahwa umur umat Islam itu hanya satu setengah hari saja atau sekitar 1500 tahun. Wa Allahu a'lam. Namun, di sisi lain saya juga percaya bahwa sebelum Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, maka zaman akan berubah. Artinya, zaman ketika sang Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, yang menurut perkiraan saya tidak akan lebih dari 50 tahun lagi dari sekarang, keadaannya akan sangat berbeda dengan zaman saat ini (2023). Saya menduga bahwa ketika Imam Mahdi dan/atau sang Mesias datang maka pada

Pascal's Wager atau Pertaruhan Pascal

Pada abad ke-17 Masehi, Blaise Pascal merumuskan teorinya yang kelak di kemudian hari dikenal dengan nama Pascal's Wager atau Taruhan Pascal. Intinya kurang lebih semua orang harus bertaruh, apakah Tuhan itu ada atau Tuhan itu tidak ada (atheist). Menurut Pascal, akan jauh lebih aman bagi manusia jika kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada. Karena kalau kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada dan ternyata Tuhan itu benar-benar ada, maka kita akan selamat. Sebaliknya bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada namun ternyata Tuhan itu ada, maka celakalah si petaruh ini. Demikian juga jika skenarionya dibalik. Misalkan kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada namun ternyata Tuhan itu tidak ada, maka kita tidak rugi-rugi amat. Paling-paling kerugian kita hanyalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk hidup bermewah-mewah di dunia ini atau hedonisme. Begitu juga bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada dan ternyata Tuhan itu memang tidak ada, maka tidak ada keuntungan berarti bagi para