Langsung ke konten utama

Pengalaman Belanja di ebay

Sejak dua tahun yang lalu, saya gemar berbelanja di situs ebay.com. Alasan saya membeli dari ebay ini adalah karena barang yang ingin saya beli ketika itu tidak tersedia di Indonesia dan juga tidak ada di situs lainnya seperti amazon.com. Walaupun pertama kali berbelanja di ebay, saya agak skeptis mengenai para penjual di ebay, tapi karena saya sudah kadung ingin membeli barang yang ingin saya beli (yaitu koin perak dari berbagai negara), maka saya memberanikan diri untuk berbelanja di ebay.

Para penjual atau seller di ebay berasal dari berbagai negara, antara lain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, China, Singapore dan lain sebagainya. Khusus untuk barang yang ingin saya beli, yaitu koin perak, sangat dianjurkan untuk TIDAK membeli dari seller yang berasal dari China, apalagi jika harganya lebih murah daripada harga pasaran. Hal ini disebabkan karena banyak sekali produk-produk palsu yang diproduksi di negeri China.

Khusus untuk penjual yang berdomisili di Amerika Serikat, cara pengiriman barang terbagi dua, yaitu yang pertama melalui program GSP atau Global Shipping Program (ini yang saya anjurkan), dan yang kedua adalah si penjual mengirim barangnya sendiri via pos atau apalah. Cara kedua ini sama seperti yang dilakukan oleh para penjual dari negara-negara lain seperti dari Inggris, Jerman, Australia dll. Bagaimana cara mengetahui apakah si penjual mengikuti program GSP atau tidak? Caranya dengan melihat pada keterangan, apakah ada keterangan "Customs services and international tracking provided"  atau tidak? Dan biasanya, ongkir untuk barang yang dikirim melalui program GSP lebih mahal daripada yang tidak. Dalam kasus saya, biasanya ongkirnya sekitar $24~28.

Kenapa saya menganjurkan membeli barang melalui program GSP? Karena biasanya dengan GSP ini barang akan kita terima jauh lebih cepat daripada jika tidak melalui GSP. Selisih waktu pengiriman bisa sampai 2 minggu atau bahkan lebih. Lagi pula, jika kita tidak membeli barang tanpa melewati program GSP, biasanya kita masih akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000,- dari PT Pos Indonesia. Tapi, kalau kita belinya lewat GSP, maka tidak akan ada biaya tambahan yang sebesar 20 ribu tadi.

Berapa lama biasanya barang sampai ke tangan kita?
Untuk barang-barang dari U.S. yang kita beli melalui program GSP biasanya barang sudah kita terima dalam waktu 2~3 minggu. Belakangan ini, waktu pengiriman sepertinya lebih cepat daripada estimasi waktu yang telah ditetapkan.

Sedangkan untuk barang dari AS yang kita beli tanpa melalui program GSP, biasanya barang baru kita terima dalam jangka waktu sebulan atau lebih. Begitu juga dari negara-negara lain, waktu pengiriman tidak menentu, tergantung negara dan tergantung penjualnya juga.
Misalnya suatu ketika saya pernah membeli barang dari Perancis, dan saya baru menerima barangnya sekitar sebulan setelah saya melakukan pembelian. Namun, dalam kali lain, saya menerima barang dari Perancis "hanya" dalam waktu sekitar 3 minggu sejak tanggal pembelian. Begitu juga dengan pembelian dari negara lain seperti Jerman dan Australia, waktu pengiriman sulit untuk dipastikan.

Bagaimana dengan pembayaran?
Untuk transaksi melalui ebay, sangat dianjurkan anda membayar melalui akun paypal anda. Bahkan walaupun anda memiliki kartu kredit, sepertinya lebih baik anda membayar lewat akun paypal saja. Karena paypal juga menyediakan garansi jika seandainya barang yang anda pesan tidak anda terima.
Selama 2 tahun ini, saya sudah melakukan transaksi melalui ebay sekitar 200 kali, dan dari sejumlah transaksi tersebut, terdapat sekitar 4-5 kasus dimana saya tidak mendapatkan barang yang saya beli. Namun dari kesemua kasus tersebut, saya selalu mendapatkan refund, entah itu dari ebay, ataupun dari paypal.

Kembali kepada Global Shipping Program. Jika anda membeli melalui program GSP, biasanya beberapa hari setelah anda melakukan transaksi dan setelah anda menerima email notifikasi bahwa seller telah mengirimkan barang anda (Order Update), maka anda akan menerima email pemberitahuan dari ebay bahwa barang anda telah sampai di GSP (Arrival at the Global Shipping Center). Dan 1-2 hari kemudian anda akan menerima bahwa GSP telah mengirimkan barang anda untuk diperiksa customs (bea masuk) dllnya (Your item is on its way). Kemudian setelah itu, beberapa hari kemudian anda akan menerima email pemberitahuan lagi bahwa barang anda telah "cleared customs" dan sudah berada pada kurir ekspedisi (Your item is almost there). Kemudian anda akan menerima email pemberitahuan lagi bahwa kurir sudah mencoba mengirim barang tsb kepada anda (delivery attempt made). Kemudian, jika barang telah sampai, lagi-lagi anda akan menerima email pemberitahuan bahwa barang telah terkirim (success). Dalam hampir semua kasus, anda tidak perlu melakukan apapun selain membaca email2 tsb.

Walaupun sepertinya prosedur pengiriman barang melalui GSP cukup panjang, namun entah kenapa barang bisa dikirimkan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan tanpa program GSP. Saya sendiri menjadi heran kenapa barang yang saya beli melalui program GSP bisa diterima lebih cepat daripada tidak melalui GSP. Sebagai perbandingan, sekitar pertengahan Agustus kemarin saya memesan barang dari Australia melalui ebay. Beberapa hari kemudian, saya membeli barang dari U.S. melalui program GSP. Ternyata barang yang saya beli dari AS sudah saya terima dengan baik, sedangkan yang dari Australia sampai dengan hari ini belum saya terima. Padahal jarak antara Australia ke Indonesia jauh lebih dekat dibandingkan dengan AS - Indonesia.

Satu lagi kelebihan membeli melalui program GSP adalah anda akan langsung tahu bahwa barang yang akan beli akan terkena pajak atau tidak. Jika barang yang anda beli tidak terkena pajak (biasanya jika harga barang plus ongkir tidak lebih dari USD 75), maka tidak akan ada biaya customs. Namun, jika barang anda cukup mahal (di atas $60), maka biasanya akan langsung muncul biaya customs pada saat anda sudah meng-add barang dan anda meng-klik "View Chart". Intinya, jumlah uang yang anda bayar pada saat anda melakukan transaksi pembelian di ebay sudah termasuk bea masuk (customs), jika terkena bea masuk.

Lain halnya jika anda membeli tanpa melalui program GSP. Jika anda membeli tanpa melalui program GSP atau jika anda membeli dari seller lain di luar U.S. dan jika ternyata barang anda terkena pajak (karena harga barang plus ongkir di atas USD 75), maka anda baru tahu bahwa barang anda terkena pajak setelah anda mendapatkan surat tagihan dari Bea Cukai melalui kantor pos. Dan anda harus membayar pajak tsb di kantor pos sebelum anda bisa mengambil barang anda. Intinya, anda baru akan mengetahui apakah barang yang anda beli terkena pajak atau tidak, jauh setelah anda melakukan transaksi pembelian, dan setelah barang tsb sampai di kantor pos.

Saran terakhir jika anda membeli barang melalui ebay, jangan lupa untuk memberikan review positif jika barang telah sampai dengan baik ke tangan anda. Dan jangan terlalu pelit untuk memberikan lima bintang yah, kalau perlu lebay-lebay sedikit dalam memberikan pujian, hehehe. Tapi kalaupun anda tidak ingin memuji, minimal, ucapan terima kasihlah. Terkecuali jika barang yang anda terima tidak sesuai deskripsi atau tidak dalam kondisi baik. Namun, boleh jadi jika barang yang anda terima tidak berada dalam kondisi baik, mungkin saja itu disebabkan karena barang tsb rusak ketika pemeriksaan customs. Jadi, jangan terburu-buru menyalahkan penjual jika seandainya barang yang anda terima dalam keadaan rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gospel for the Gentiles

Dalam posting sebelumnya saya menyimpulkan bahwa Kitab Injil atau the Gospel sedianya ditujukan hanya untuk bangsa Yahudi saja. Bahkan, Injil yang asli kemungkinan ditulis dalam bahasa Ibrani, atau kalau menurut istilah Jerome disebut sebagai matthaei authenticum . Namun, karena sebagian besar bangsa Yahudi pada era Nabi Yesus menolak Yesus, maka kemudian kitab injil dialihkan kepada bangsa lain (bangsa gentiles ), dan kemudian Injil ditulis dalam bahasa gentiles , yakni bahasa Koine Greek. Lalu, karena Kitab Injil sudah diwariskan kepada bangsa gentiles, apakah berarti seluruh isi dari Kitab Injil itu harus juga dilaksanakan oleh pengikut Injil non-Yahudi alias pengikut Injil yang berasal dari bangsa gentiles ? Menurut saya tidak. Sebagian isi dari Kitab Injil tidak applicable bagi bangsa gentiles , contohnya seperti "You are the light of the World", tidak tepat kalau kata-kata ini ditujukan kepada bangsa gentiles. Atau contoh lainnya, "Jika kamu hanya memberi salam

Mengantisipasi Perubahan Zaman

Saya percaya bahwa suatu saat nanti Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan muncul ke bumi. Bahkan, saya pribadi percaya,  imho , bahwa Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias akan datang pada abad ini, yakni abad ke-21 Masehi (sebelum tahun 2099 M) dan abad ke-15 Hijriah (sebelum tahun 1499 H). (Btw, tulisan ini saya buat pada tanggal 29 Juni 2023 atau 10/11 Zulhijjah 1444 H). Dalilnya antara lain dari buku  Umur Umat Islam  yang pernah beredar sekitar 20 tahun yang lalu, yang kurang lebih memperkirakan bahwa umur umat Islam itu hanya satu setengah hari saja atau sekitar 1500 tahun. Wa Allahu a'lam. Namun, di sisi lain saya juga percaya bahwa sebelum Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, maka zaman akan berubah. Artinya, zaman ketika sang Imam Mahdi dan/atau Sang Mesias datang, yang menurut perkiraan saya tidak akan lebih dari 50 tahun lagi dari sekarang, keadaannya akan sangat berbeda dengan zaman saat ini (2023). Saya menduga bahwa ketika Imam Mahdi dan/atau sang Mesias datang maka pada

Pascal's Wager atau Pertaruhan Pascal

Pada abad ke-17 Masehi, Blaise Pascal merumuskan teorinya yang kelak di kemudian hari dikenal dengan nama Pascal's Wager atau Taruhan Pascal. Intinya kurang lebih semua orang harus bertaruh, apakah Tuhan itu ada atau Tuhan itu tidak ada (atheist). Menurut Pascal, akan jauh lebih aman bagi manusia jika kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada. Karena kalau kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada dan ternyata Tuhan itu benar-benar ada, maka kita akan selamat. Sebaliknya bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada namun ternyata Tuhan itu ada, maka celakalah si petaruh ini. Demikian juga jika skenarionya dibalik. Misalkan kita bertaruh bahwa Tuhan itu ada namun ternyata Tuhan itu tidak ada, maka kita tidak rugi-rugi amat. Paling-paling kerugian kita hanyalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk hidup bermewah-mewah di dunia ini atau hedonisme. Begitu juga bagi orang yang bertaruh bahwa Tuhan itu tidak ada dan ternyata Tuhan itu memang tidak ada, maka tidak ada keuntungan berarti bagi para